Lawan Narkoba dan Rokok untuk mewujudkan Generasi Muda yang sehat dan berprestasi bersama Dosen dan Mahasiswa UMM Berkolaborasi dengan SMK Muhammadiyah 8 Pakis.

Rabu, 14 April 2021 19:01 WIB   Administrator

Dosen dan Mahasiswa UMM berkolaborasi dengan SMK Muhammadiyah 8 pakis melakukan sosialisasi tentang Bahaya Rokok Dan Narkoba. Sosialisasi tersebut bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 8 Pakis. Tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan Generasi Muda yang sehat dan berprestasi tanpa narkoba dan rokok. 

Dra. Uswatun Chasanah, M.Kes., Apt. dan Raditya Weka Nugraheni, S.Farm., M.Farm., Apt selaku narasumber pada acara PMM Mitra Dosen yang menyampaikan materi tentang bahaya rokok, dan narkoba.Sosialisasi tersebut dihadirioleh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 8 pakis sejumlah 57 orang dengan berbagai jurusan yaitu: teknik kendaraan ringan otomotif, teknik komputer dan jaringan, serta otomatisasi dan tata kelola perkantoran.

Acara pertama yaitu sambutan wakil kepala sekolah, beliau berharap dengan diselenggarakannya sosialisasi bahaya narkoba dan rokok dapat memberikan wawasan dan kesadaran kepada para siswa-siswi SMK muhammadiyah 8 pakis sehingga manfaat yang diharapkan kedepannya yaitu dapat mencegah dan sekaligus meminimalisir terjadinya penggunaan rokok dan narkoba dikemudian hari.

Sosialisasi yang mengangkat tema “Gerakan Edukasi Bahaya Narkoba dan Rokok Untuk Mewujudkan Generasi Muda Yang Sehat dan Berprestasi”.

Sosialisasi dibuka dengan penyajian materi  oleh Dra. Uswatun Chasanah, M.Kes., Apt. tentang bahaya merokok Pada Remaja.

Adapun Materi yang disampaikan antara lain: Membahas tentang pengertian Rokok. Rokok adalah tembakau yang dianggap stimulant yang berarti meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Rokok mengandung Tembakau dianggap stimulan, artinya meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Rokok mengandung zat berbahaya yang dilepaskan saat seseorang merokok atau mengunyahnya, adapun kandungan dari rokok yang berbahayaseperti nikotin, karbon monoksida, dan tar. Kandungan tersebut dapat menyebabkan kecanduan, menurunkan kadar oksigen dalam sel tubuh, serta timbulnya penyakit seperti kanker paru, bronkitis, penyakit jantung, dan daya tahun tubuh menurun.

Penyajian materi kedua disampaikan oleh Raditya Weka Nugraheni, S.Farm., M.Farm., Apt dalam pemaparannya menjelaskan tentang Waspada Bahaya kecanduan Narkoba.

Apa sih arti dari narkotika itu?

Menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 mneyatakan bahwa Narkotika merupakan zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Adapun jenis-jenis narkotika dibagi menjadi 3 golongan:Golongan 1 seperti ganja, opium, dan tanaman koka. Tanaman tersebut dapat beresiko tinggi dan menimbulkan efek kecanduan.Golongan 2 ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan asalkan sesuai dengan resep dokter. Obat- obatannya diantara lain: morfin, alfaprodina, dan lain lain.Golongan 3 Jenis golongan ini memiliki risiko ketergantungan cukup ringan dan banyak dimanfaatkan untuk pengobatan serta terapi contohnya kodein.

Tanda-tanda bagi pengguna narkoba diantaranya adalah kehilangan selera makan, tidak teratur pola tidurnya, dehidrasi,, halusinasi, menurunnya kesadaran, gangguan Kualitas Hidup, dan Kematian.Cara mengatasi kecanduan narkoba seperti; melakukan hobi yang bersifat positif, memahami dampak buruk dari narkoba serta jika kecanduan berat dapat dilakukan rehabilitasi, sehingga dengan melakukan kegiatan edukasi ini dapat memberikan wawasan tentang bahaya narkoba dan rokok kepada siswa di smk muhammadiyah 8 pakis menjadikan para remaja tersebut siswa yang sehat dan berprestasi.

Shared: