Latih Tendik dan Laboran Administrasi Pelaporan Keuangan, FIKES UMM Berupaya Menjadi Good Faculty Governance

Selasa, 24 Oktober 2023 19:52 WIB   Fakultas Ilmu Kesehatan

FIKES UMM adakan pelatihan administrasi pelaporan keuangan yang ditujukan untuk seluruh tendik dan laboran di lingkungan FIKES. Acara terbatas ini diselenggarakan di ruang ICMI kampus 2 UMM (25/10). Adapun nara sumber yang dihadirkan adalah dari badan pengawas internal yang disingkat kemudian dengan BPI yakni, Dimas Wisnu Nurcahyo, SE, MM.

FIKES UMM berkomitmen untuk selalu menjaga agar seluruh aspek dari bawah ke atas menjadi tata kelola yang baik dan bersih. 

Seperti yang dijelaskan oleh Dekan FIKES UMM, Dr. Yoyok Bekti Prasetyo, M. Kep., Sp. Kom bahwa pelatihan administrasi pelaporan keuangan dilaksanakan sebagai salah satu bentuk dari kesungguhan fikes untuk menjadi good faculty governance. Fikes sangat menyadari begitu pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam laporan keuangan.

"Audit internal UMM dalam hal dilakukan oleh  Badan Pengawas Internal (BPI) bersama Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) yang secara periodik. Alhamdulillah di tahun 2022 fikes mendapat penghargaan terbaik ke tiga sebagai fakultas pengelolaan anggarannya", tandasnya.

Rohmah Susanto, S.Kep, Selaku perwakilan laboran keperawatan juga mengatakan "menurut saya, pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat dalam tugas sebagai tenaga kependidikan, karena setiap kegiatan yang menggunakan pendanaan diwajibkan untuk membuat laporan. Dengan mengikuti pelatihan ini, dapat membuat pelaporan yang sesuai degan sitem dan alur dari BPI.

"Sesuai dengan yang disampaikan Wadek 2 FIKESUMM bahwa administrasi pelaporan keuangan bisa dilakukan oleh tenaga kependidikan, tidak hanya pada kegiatan rutin, tetapi juga pada kegiatan tidak rutin misalnya, kegiatan pelatihan. oleh sebab itu, setiap bidang yang menggunakan pendanaan harus melaporkan kepada bendahara pelaksana".

"Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapakan pelaporan keuangan sejalan dengan sistem dan alur pelaporan yang telah ditentukan oleh BPI.

Dalam sambutan Dekan, FiIKES telah menorehkan sejarah baik, FIKES pernah mendapatkan predikat 2 tahun 2019 dan predikat terbaik ke 3 tahun 2023 dalam Penerapan Sitem Pelaporan Keuangan tingkat fakultas.

Hal ini semakin memacu agar sistem pelaporan keuangan dari tingkat fakultas, program studi dan laboratorium semakin baik", tambahnya.

Shared: