Kerjasama Peningkatan SDM Perawat Antara FIKES UMM Dan RSIA Malang

Kamis, 09 Juni 2022 18:53 WIB   Fakultas Ilmu Kesehatan

Penandatangan kerjasama atau MOU untuk peningkatan SDM perawat antara FIKES UMM dan RSIA Malang. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang rapat FIKES UMM kampus 2  (9 Juni 2022). Acara ini dihadiri langsung oleh direktur rumah sakit RSIA Malang, dr. Muhammad Mansur, M. Kes dan Dekan FIkes UMM, Dr. Yoyok Bekti Prasetyo, M. Kep, Sp. Kom serta jajaran pimpinan dekanat beserta prodi keperawatan. Kerjasama ini dilakukan atas dasar rasa kepercayaan RSIA Malang terhadap kualitas pendidikan yang dimiliki FIKES UMM. Selain itu, Muatan lain karena memiliki home care bernama Matahari Homecare yang berbasis komunitas sebagai pengabdian dan juga sekaligus media dakwah Muhammadiyah. 

Direktur RSIA Malang, dr. Muhammad Mansur, M. Kes, mengatakan bahwa kami menitipkan SDM kami ke FIKES UMM karena kami percaya terhadap kualitas UMM. Dengan peningkatan pendidikan SDM kami, berharap agar memberikan pelayanan lebih baik nantinya. 

"Saya terkesan dengan adanya unit matahari homecare FIKES UMM. Saya teringat waktu menjabat sebagai kepala puskesmas dulu, dimana masyarakat sangat membutuhkan pengabdian kita. Adanya matahari homecare ini saya kira dapat memediasi kita sebagai tenaga kesehatan untuk mengadbi dan juga sekaligus berdakwah"

Kami berharap nanti SDM kami diberikan pelatihan atau workshop home care agar dapat memotivasi perawat yang ada di rumah sakit aisyiyah. Mereka bisa bergerak untuk memberikan pelayanan pada pasien ke rumahnya setelah dirawat dari rumah sakit, tambahnya. 

Dekan FIKES UMM, Dr. Yoyok Bekti Prasetyo, M. Kep, Sp. Kom mengatakan bahwa amal usaha muhammadiyah harus terus tumbuh dan bersinergi antara pelayanan dan pendidikan (UMM). Kerjasama ini dapat beruapa lahan praktik mahasiswa, penelitia dan mungkin juga sebgai sarana penelitian bersama.  Dengan kerjasama peningkatan SDM perawat RSIA Malang, dari d3 keperawatan ke S1 keperawatan, semoga semakin memajukan RSIA Malang dan meningkatkan kualitas SDM nya. 

Kami Memiliki unit usaha homecare ini, yang kami beri nama matahari homecare agar seperti semangad matahari, selalu menyinari seperti lambang muhammadiyah. Dengan adanya Matahari Homecare ini, Diharapkan FIKES UMM dapat memberikan pengabdian bagi masyarakat dan juga sebagai jalan dakwah, tutupnya

 

Shared: