FIKES UMM Mengadakan Sharing Internasional Tentang Peran Tenaga Kesehatan Dengan Salah Satu Tenaga Kesehatan Taiwan

Kamis, 08 Februari 2024 17:12 WIB   Fakultas Ilmu Kesehatan

FIKES UMM mengadakan acara Sharing Peran tenaga kesehatan di rumah sakit di Taiwan dan Indonesia. Agenda ini bertajuk International Talk Healthcare practice in Taiwan Hospital and Clinic (Rabu, 7 Februari). Pemateri yang dihadirkan adalah Tsai Wan Fu, merupakan seorang farmasis dari Rumah sakit Hong Qian General practice & Dermatology Clinic, Taiwan. 

Dalam sesi internasional talk tersebut, Tsai Wan Fu atau dipanggil Arielle, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pada dasarnya masing-masing tenaga kesehatan memiliki peran yang vital d rumah sakit misalnya, seorang Farmasis mengontrol penggunaan obat di rumah sakit. Selain itu, Farmasis dalam menggolongkan penggunaan obat berdasarkan kategori pengobatan, misalnya narkotika dan psikotropika diatur di bawah kontrol pemerintah.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Setelah Dokter meresepkan obat, farmasis menyiapkan obat tersebut dengan dokumentasi yang jelas tentang penggunaan obat trsebut oleh pasien.

Kemudian, Perawat juga memiliki peranan penting dalam banyak hal di rumah sakit misalnya, memberikan pelayanan kepada pasien. Mereka memiliki spesialisasi profesional, seperti ICU, penyakit dalam, pediatri, dll.

Di rumah sakit Taiwan, bekerja secara integrasi antara dokter, perawat, farmasis, fisioterapis dan nutrisionis telah berjalan baik selama ini guna memberikan pelayanan secara sinergis dan saling bekerjasama untuk kesembuhan pasien. 

apt. Nailis Syifa', S.Farm., M.Sc., PhD, Selaku Wadek II juga mengatakan bahwa muatan sharing internasional ini bertujuan sebagai penguatan akademik, utamanya adalah kolaborasi interprofesional. Hal ini dikarenakan di FIKES terdapat 3 prodi berbeda yakni, prawat, farmasi dan fisioterapi. namun kami harapkan sejak dini dipaparkan sikap kolaboratif dan saling bekerjasama antar satu dengan yang lainnya agar memberikan kemaslahatan yang baik kepada pasien. 

sharing praktisi tenaga kesehatan menjadi concern yang penting karena experience mereka di lapangan dapat menambah pengalaman dan mempersiapkan mahasiswa ketika terjun di dunia kerja, tambahnya

Shared: