Menciptakan ide terapi virtual rality spiritual Al-quran pad anak autism yang ditorehkan melalui lomba essay nasional, Mahasiswa Fikes UMM menjadi juara 3. Mahasiswa tersebut diwakili oleh Sania Umazatul Amsa dan Ahmad Ahnaf Taufiqur Rahman, Mahasiswa Keperawatan angkatan 2019. Acara tersebut diselanggarakan oleh forum studi islam fakultas psikologi UNM, diumumkan melalui online melalui zoom.
Menurut Sania, Selama tujuh bulan pandemi covid-19 terjadi, terdapat banyak kebijakan pemerintah yang berubah-ubah menyesuaikan dengan kondisi terkini. Salah satu kebijakan pemerintah yang dilakukan sejak masuknya covid-19 di Indonesia hingga saat ini adalah meliburkan sekolah tatap muka. Kegiatan belajar digantikan melalui kegiatan virtual online yang dapat dilakukan di rumah masing-masing. Namun, kegiatan belajar seperti ini berdampak pada hilangnya rutinitas anak setiap hari. Kebiasaan seperti beraktivitas pagi sebelum sekolah, mempersiapkan peralatan sekolah saat malam hari akan berangsur hilang. Selain itu, pembelajaran virtual online dari rumah juga menyebabkan anak-anak kehilangan koneksi dengan temanteman, guru, saudara, dan lingkungan
Selanjutnya, Kebijakan penutupan sekolah juga berlaku pada sekolah luar biasa bagi anak berkebutuhan khusus. Namun, penutupan sekolah luar biasa bagi anak berkebutuhan khusus mengakibatkan dampak yang luar biasa secara fisik dan mental pada anak. Pergantian sistem sekolah menjadi virtual online sulit dilakukan pada sekolah berkebutuhan khusus. Anak dengan kondisi autism kesulitan mengikuti pembelajaran daring sebab perkembangan psikomotorik memerlukan stimulasi secara langsung.
Selain itu, kondisi pandemi covid-19 juga mengakibatkan anak-anak autism mengalami perubahan rutinitas yang biasa didapatkan saat bersekolah. Perubahan rutinitas kegiatan anak autism diantaranya kegiatan belajar mengajar di sekolah secara virtual online, dan terapi yang sangat dibutuhkan diundur. Perubahan ini mengakibatkan perasaan cemas berlebih pada anak sebab anak kondisi autism memerlukan rutinitas serta pendekatan individual. Apabila anak-anak ini tidak mendapatkan rutinitas kegiatan sehari-hari, maka akan memicu anak-anak autism sering berperilaku agresif.
Solusi yang dapat dilakukan untuk menurunkan terjadinya perilaku agresif anak-anak di masa pandemi covid-19 dengan cara melibatkan orangtua dalam memberikan rutinitas yang serupa saat anak-anak autism bersekolah, seperti pemberian terapi. Salah satu terapi yang dapat digunakan untuk menurunkan terjadinya perilaku agresif anak autism adalah terapi spiritual. Kandungan ajaran Islam seperti iman, ibadah, dan tasawuf memiliki metodologi yang sistematik bagi kesehatan mental. Metode terapi spiritual yang dapat digunakan pada anak autism di masa pandemi covid-19 adalah pembelajaran al quran (membaca, menulis, mendengarkan, dan bermain).
Ahmad menambahkan, Agar mempermudah orangtua dalam memberikan terapi pada anak autism yang tidak membosankan, kami memiliki sebuah gagasan metode pembelajaran al quran (membaca, menulis, mendengarkan, dan bermain) melalui aplikasi android yang terdapat fitur virtual reality. Virtual reality alat yang digunakan menjadikan dunia maya menjadi nyata yang terhubung ke komputer ataupun gadget seperti handphone. Realitas virtual dapat menjadikan animasi,video, bahkan video game menjadi terasa nyata. Realitas virtual dapat dilihat, berinteraksi dan melihat dari berbagai prespektif sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dari biasanya.