Profil


Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (Fikes UMM) yang berdiri pada tahun 2007 merupakan fakultas termuda di Universitas Muhammadiyah Malang. Pada awal berdirinya FIKES merupakan penggabungan  tiga program studi yaitu Prodi D3 Keperawatan, S1 Keperawatan dan S1 Farmasi. Pada saat ini FIKES telah berkembang dan bertambah program studi selain D3 Keperawat, S1 Keperawatan dan S1 Farmasi, telah berdiri prodi S1 Fisioterapi, Profesi Ners, dan Profesi Apoteker. Adapun pada saat ini program profesi Fisioterapi sedang dalam proses pengajuan usulan pendirian.

Dari sisi sumber daya manusia, FIKES UMM senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM dalam bentuk studi lanjut dosen baik keluar maupun ke dalam negeri. pada tahun ini 11 orang dosen sedang menempuh studi lanjut di Mahidol University Thailand, National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan, Taipei Medical UNiversity (TMU) Taiwan. Serta beberapa dosen ssedang studi di dalam negeri (UB, UI, Unair).

Pada perkembangan FIKES di tahun ke-12 berdirinya, dalam tataran manajerial banyak hal yang dilaksanakan untuk memperkuat dan memperkokoh academic performance padanya. Sebagai bentuk jawaban terkait tuntutan zaman di era Masyarakat Ekonomi ASEAN maka dibentuk International Relationship Unit (IRU) di FIKES UMM untuk mengakselerasi kerjasama-kerjasama luar negeri dan dalam negeri program studi-program studi yang ada dalam naungan FIKES. Salah satu bentuk aktivitas terbaru kerjasama tersebut adalah diberangkatkanya rombongan dosen dan mahasiswa untuk Student and Staff Exchange dengan Khon Kaen University Thailand.

Selain itu untuk menjamin terselenggaranya kinerja FIKES UMM sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi, maka FIKES membentuk Health Science Education Unit (HSEU) yang berwenang dalam melaksanakan penjaminan mutu akademik di FIKES UMM. Pada sisi yang lain, untuk mengasah soft skill mahasiswa FIKES UMM sebagai tuntutan stake holder dan pengguna lulusan yang menginginkan tidak hanya track record akademik namun juga pengalaman ekstra kurikuler, maka dibentuk unit TEKMA yaitu sebuah unit yang dilembagakan untuk memberikan penghargaan dan dokumen rekam jejak pengalaman mahasiswa di bidang organisasi, minat bakat dan sosial. Unit TEKMA yang diaktifkan pada tahun 2014 memberikan traksrip ekstrakurikuler mahasiswa bagi setiap lulusan sehingga ada dokumen yang akuntabel bagi lulusan sebagai nilai tambah mereka dalam bersaing di dunia kerja.

Di bidang kemahasiswaan kultur “tiada hari tanpa prestasi” tampaknya juga cukup terinternalisasi pada diri mahasiswa. Terbukti berbagai macam prestasi di bidang akademik dan non akademik diraih oleh mahasiswa FIKES UMM. 

Adapun prestasi nasional diraih antara lain: (1) Sejumlah proposal program kreativitas mahasiswa didanai oleh DIKTI untuk tahun pendanaan 2018/2019, (2) tim basket mahasiswa fikes berhasil menjadi runner up kejuaraan basket fakultas kesehatan tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada, (3) juara II kejuaraan nasional kelas B putra pencak silat di Solo. (4) Sejumlah mahasiswa FIKES yang tergabung dalam UKMPSM Gita Surya menjadi juara I paduan suara tingkat nasional pada festival paduan suara di Universitas Negeri Jember. Pada tingkat regional jawa timur sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam UKM (Pusat Informasi dan Kesehatan) PIK- SEHATI menjadi juara III PIK Remaja Unggulan Tahap Tegar. Juara taekwondo tingkat regional jawa timur.

Menjadikan Fakultas Ilmu Kesehatan terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) kesehatan berdasarkan nilai-nilai Islam.

Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan sumberdaya professional bidang kesehatan yang memiliki kedalaman ilmu dan praktek-praktek bidang kesehatan yang berlandaskan etika dan moral untuk kesejahteraan masyarakat dunia.

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu dengan selalu berorientasi pada perkembangan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada bidang kesehatan.
  3. Menyelenggarakan kerjasama saling menguntungkan guna meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan teknologi pendidikan, ketrampilan bidang kesehatan dan kelembagaan.
  4. Menghasilkan lulusan yang siap diterima di dunia kerja sesuai tuntutan global masyarakat dunia.
Shared: