Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Lokakarya Pengembangan Kurikulum 2014-2015

Author : Administrator | Jum'at, 29 Agustus 2014 15:11 WIB
Berita UMM
 Lokakarya Pengembangan Kurikulum 2014-2015

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standard dan mampu bersaing secara global yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman merupakan tujuan program studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang, oleh karena itu dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai visi misi program studi. Mengacu pada hal tersebut program studi S1 Keperawatan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran dalam upaya menjamin terlaksananya proses pembelajaran. Perencanaan proses pembelajaran meliputi Buku Panduan Kegiatan Mahasiswa (BPKM) blok, Buku Pedoman Fasilitator (BPF) dan Rancangan Proses Pembelajaran (RPP) yang sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.

Pendidikan S1 Keperawatan sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi bidang kesehatan dimana para lulusannya diarahkan pada penguasaan ilmu dan ketrampilan keperawatan profesional melalui pemanfaatan sumber daya pembelajaran termasuk didalamnya sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan serta kurikulum yang digunakan

Menyambut akan dimulainya tahun ajaran baru 2014/2015, Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang  telah menyelenggarakan lokakarya pengembangan kurikulum yang berlangsung pada tanggal 25 hingga 27 agustus 2014 bertempat di Ruang ICMI lantai 2, kampus II UMM yang ditandai dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMM Yoyok Bekti Prasetyo,M.Kep,Sp..Kom. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dari Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 40 orang yang bertujuan untuk merancang punyusunan buku panduan kurikulum institusi tahun 2014.

          Kegiatan lokakarya pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang berlangsung dengan baik dan lancar. Meskipun kegiatan ini dimulai pada waktu pagi hari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB selama 3 hari, peserta lokakarya dapat hadir tepat waktu dan sangat antusias mengikuti jalannya acara hingga hari ke-3. Kegiatan lokakarya pada hari pertama adalah pemaparan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities And Threats) oleh Sekprodi S1 Keperawatan FIKES UMM Ledy Martha Aridiana,S.Kep.Ns.M.Kes mengenai ketenagaaan, metode, sarana prasarana, keuangan, dan lingkungan yang sebelumnya telah dirumuskan dalam acara Pralokakarya tanggal 22 dan 23 agustus 2014 di ruang ICMI lantai 2, kampus II UMM, dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi oleh Kaprodi S1 keperawatan FIKES UMM, Nurul Aini, S.Kep., Ns., M.Kep. Setelah pemaparan dari Prodi dan Sekprodi dilanjutkan diskusi kurikulum tiap komisi yang sebelumnya sudah dibagi oleh panitia pelaksana Lokakarya Pengembangan Kurikulum menjadi 5 komisi, diantaranya; Komisi A (Keperawatan Dasar), Komisi B (Keperawatan Gawat Darurat dan Medikal Bedah), Komisi C (Keperawatan Medikal Bedah), komisi D (Keperawatan Jiwa dan Maternitas), Komisi E (Keperawatan Komunitas dan Anak). Diskusi tiap komisi berlanjut sampai hari kedua untuk Sinkronisasi Bahan Kajian Mata Ajar tahun ajaran 2014/2015. Kemudian pemaparan hasil diskusi dari tiap komisi dilakukan pada hari ketiga yang membahas tentang KP, Tutorial, Skill Laboratorium, PjBL, Fieldtrip, dan Presjur dari tiap Mata Ajar oleh masing-masing PJMA. dari kegiatan lokakarya tersebut menghasilkan kesepakatan adanya buku panduan kurikulum institusi S1 Keperawatan FIKES UMM 2014 beserta instrumen pelaksanaan perkuliahan diantaranya BPF, BPKM, dan RPP. Kegiatan ini ditutup oleh Kaprodi S1 keperawatan dan pembacaan do’a oleh Ust Sunardi S.Kep.,Ns.,M.Kep.,dilanjutkan dengan foto bersama seluruh dosen S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image