Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang

Author : Administrator | Jum'at, 04 Oktober 2013 09:18 WIB
Kuliah Tamu Internasional Dr. Marianne Greefhorst – Belanda

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang kembali mengadakan kuliah tamu pada hari Senin 23/09/2013. Kuliah tamu disampaikan oleh Dr. Marianne Greefhorst seorang Perawat Psikiatri di Leeuwarden. Dr.Marianne kini bekerja di Indonesia sebagai Konsultan penanganan pada pasien sistem Psychogeriatri dan Geriatric Care.

Dengan tema yang sangat menarik yaitu “The Development of Psychogeriatri and Geriatri Care ” Dr. Marianne Greefhorst mampu menarik antusiasme 350 mahasiswa S1  Keperawatan dan D3 Keperawatan untuk mengikuti kuliah tamu tersebut. Acara ini diharapkan mampu memberikan pengajaran dan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan geriatri di Indonesia.

Tri Lestari Handayani, M.Kep, Sp.Mat, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dalam sambutanya mengatakan “Semoga acara ini dapat terselenggara dengan baik sehingga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi seluruh peserta”. Beliau juga mengharapkan dengan adanya kuliah tamu ini peserta dapat mengetahui perbandingan informasi antara Psychogeriatri and Geriatri Care di Netherland  dan Indonesia . Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat mendengarkan dan menyimak dengan baik materi yang akan disampaikan oleh pemateri.

Kuliah tamu ini berlangsung selama 2 jam dengan diikuti pertanyaan-pertanyaan menarik dari para peserta yang sangat antusias. Diskusi pada kuliah tamu ini dimoderatori oleh Sri Sunanringsih I.W, MPH. Dalam acara pembukaan, moderator memberikan wacana pembuka kepada mahasiswa mengenai perkembangan Psychogeriatri and Geriatri Care di Belanda dalam pemberian pelayanan Home Care and Nursing Care sehingga dapat diaplikasikan di indonesia

 

Dr. Marianne menyampaikan secara jelas bagaimana pengelolaan pada Geriatric Care sehingga perawat dapat melakukan pendekatan pada lansia, dengan melihat Life History dan Fine to in care pada lansia sebelum melakukan Nurse Intervention dan menjadi bagian penting dalam Geriatric Care di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa dalam mempelajari ilmu keperawatan selama di bangku kuliah maupun nantinya ketika sudah terjun di masyarakat.

“Perawat dan para tenaga kesehatan lainnya mempunyai kewajiban penting  terhadap kesehatan pasien lansia. Perawat harus mengetahui karakteristik pasien lansia sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terkhusus pada Psychogeriatri and Geriatri Care secara profesional.”, ujarnya memberi semangat kepada mahasiswa yang hadir di akhir kuliah tamu.

Dengan adanya kerja sama Dr. Marianne dengan FIKES UMM ini memberikan peluang kepada Mahasiswa UMM untuk melakukukan Riset atau penelitian guna dapat mengembangkan  Geriatri Care bersama – sama. (Zha)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image